Tanda-tanda Hamil Bayi Kembar yang Wajib Bunda Ketahui

Kehamilan pada wanita tentunya jadi saat yang paling dinantikan, masa yang menentukan masa depan keluarga Anda nantinya karena akan segera diberikan momongan atau buah hati. Apalagi jika seandainya kehadiran anak dalam keluarga ini sudah sejak lama dinantikan, pastinya banyak yang merasakan bahagia bukan. Tanda-tanda hamil bagi setiap wanita memang hampir sama, seperti diantaranya adalah telat datang bukan, kemudian juga mual disertai dengan muntah, mudah lelah hingga sembelit.

Hanya saja ternyata ada perbedaan gejala antara wanita yang hamil bayi tunggal, dengan mereka yang hamil bayi kembar. Berikut ini diantaranya gejala kehamilan bayi kembar yang hendaknya Anda ketahui, siap-siap dalam menyambut kedatangan 2 buah hati, yaitu:

  1. Kadar hCG yang lebih tinggi, hormon chorionic gonadotropin ini akan diproduksi oleh plasenta jika seandainya terjadi kehamilan. Hal inilah yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan dari test pack, karena jika seandainya terdapat hCG maka akan muncul 2 garis, alat ini di desain sensitif terhadap hormon tersebut. Kehamilan bayi kembar biasanya akan membuat kadar hCG yang diproduksi juga menjadi lebih tinggi karena berasal dari 2 plasenta yang berbeda.
  2. Peningkatan berat badan yang terjadi secara cepat, jika seandainya terjadi peningkatan berat badan yang agak kurang wajar, sampai dengan 5 kilogram pada trimester pertama, maka bisa jadi bunda tengah mengandung anak kembar. Karena hal tersebut membuat volume atau ukuran rahim meningkat lebih besar dibandingkan dengan kehamilan seorang anak saja. Bahkan pada trimester kedua nantinya berat badan bisa meningkat sampai dengan 12 kg.
  3. Ukuran perut sangat besar meskipun baru memasuki trimester pertama, kehamilan bayi kembar ini nyatanya juga bisa dilihat dari bentuk tubuh khususnya adalah ukuran perut, dimana saat hamil bayi kembar sudah pasti nantinya ukuran rahim juga membesar atau melebar lebih dari sebelumnya, bahkan untuk usia kehamilan yang baru masuk trimester pertama sekalipun, karena ada lebih dari satu bayi di dalamnya.
  4. Kondisi mual dan muntah yang parah, lebih dari 50 persen wanita yang hamil bayi kembar umumnya akan mengalami mual dan juga muntah-muntah yang cukup parah pada pagi hari. Hanya saja memang tidak semuanya, sebagian kecil diantaranya masih mengalami mual dan juga muntah-muntah yang normal.
  5. Gerakan janin akan terasa lebih sering, karena memang ada lebih dari satu janin yang dikandung, maka tidak heran jika seandainya gerakan mereka berlangsung secara lebih sering, karena memang gantian.
  6. Ada dua detak jantung, ciri selanjutnya adalah ketika tengah menjalani pemeriksaan ke dokter kandungan, maka akan terasa ada 2 detak jantung. Menandakan memang ada 2 bayi di dalam kandungan tersebut.
  7. Hasil tes AFP yang nilainya sangat tinggi, tes AFP ini biasanya aka dilakukan pada trimester kedua, guna memeriksa kemungkinan bayi akan cacat sejak lahir dengan mengukur jumlah protein yang dikeluarkan oleh jantung mereka. Jika seandainya pada hasil pengukuran ini jumlah protein sangatlah tinggi, maka ada kemungkinan mengandung bayi kembar.
  8. Kelelahan yang luar biasa, hal ini disebabkan karena memang bumil tersebut tengah membawa dua bayi sekaligus yang ada di dalam kandungannya, jadi akan merasa lelah yang luar biasa atau berlebihan.

Itulah setidaknya tanda-tanda hamil bayi kembar yang hendaknya Anda ketahui, segera periksa ke dokter kandungan jika merasakan gejalanya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *