Penyebab Umum Alergi Dingin

Alergi dingin atau yang disebut juga dengan urtikaria dingin merupakan reaksi kulit dalam kurun waktu beberapa menit ketika Anda terkena paparan dingin dari air maupun udara.

Terdapat banyak faktor yang dapat menjadi penyebab umum alergi dingin, salah satu di antaranya adalah berada di ruangan ber-AC, mandi di pagi hari atau berenang. Pada umumnya, kulit yang alergi terhadap dingin tersebut menjadi merah disertai rasa gatal.

Akan tetapi, gejala alergi dingin setiap orang akan berbeda-beda. Beberapa diantara akan memunculkan gejala alergi yang tergolong ringan, sementara itu akan mengalami gejala alergi yang tergolong parah.

Disamping itu, beberapa orang juga ada yang mengalami syok anafilaktik, dan ditandai dengan penurunan tekanan darah yang drastis, sehingga tidak bisa bernafas sampai dengan pingsan.

Alergi dingin merupakan penyakit yang tergolong sangat umum. Akan tetapi dalam beberapa kasus, penyakit ini biasanya terjadi pada orang dewasa muda serta akan membaik dalam waktu beberapa tahun.

Gatal dan Muncul Ruam Kemerahan

Gejala dari alergi dingin yang paling umum yaitu munculnya ruam merah pada kulit dan gatal. Gejala tersebut cenderung sulit hilang walaupun Anda berpindah pada lingkungan dengan suhu yang hangat. Untuk beberapa kasus, gejala alergi tersebut dapat memburuk dan bertahan sampai dengan 24 jam atau bahkan lebih.

Tangan bengkak

Apabila melakukan kontak dengan sesuatu yang bersuhu dingin tangan Anda langsung membengkak, dapat dikatakan bahwa Anda terkena alergi dingin. Pembengkakan tersebut biasanya dapat terjadi pada saat Anda menyentuh minuman dingin, kemudian mandi di pagi hari, serta terkena paparan suhu dingin lainnya secara langsung. Disamping itu, pembengkakan juga menjadi akibat dari alergi yang dapat terjadi di bagian tubuh lainnya.

Muncul Bentol Merah

Munculnya bentol kemerahan atau disebut dengan biduran tersebut sama dengan gejala alergi lainnya. Paparan alergen tersebut membuat sel darah putih Anda melepaskan histamin pada aliran darah. Dampaknya, tubuh merespon dengan peradangan yang memunculkan bentol merah, gatal, bengkak dan kulit mengalami perubahan lainnya.

Penyebab Umum

Hampir sama dengan berbagai reaksi alergi secara umum, penyebab umum alergi dingin dapat disebabkan dari faktor yang berbeda. Faktor keturunan, kulit yang sensitif atau juga kondisi kesehatan yang menjadi salah satu penyebab alergi dingin terjadi. Jika terkena alergen dingin, tubuh akan mengeluarkan histamine serta zat lainnya ke aliran tubuh sebagai bentuk reaksi pertama. Sehingga kulit terasa gatal, timbul biduran/bilur dan merah,

Akan tetapi, penyebab secara pasti dari alergi dingin tersebut belum dapat diketahui. Pada umumnya beberapa penderita menjadi lebih sensitif terhadap dingin dikarenakan sejenis virus dan memiliki penyakit tertentu yang menyebabkan sensitifitas meningkat pada sel kulit. Selain itu, penelitian dari National Institute of Allergy and Infectious Disease mengungkapkan alergi dingin dapat disebabkan faktor keturunan.

Disamping itu, alergi dingin dapat disebabkan oleh faktor usia sampai dengan genetik. Biasanya, usia anak-anak dan remaja cukup rentan terhadap alergi dingin. Berikut ini beberapa penyebab umum alergi dingin :

  • Penyakit Dasar Tertentu

Mengalami beberapa gangguan kesehatan dan penyakit, misalnya hepatitis, penyakit autoimun serta keganasan yang meningkatkan kemungkinan terkena alergi dingin

  • Infeksi

Kemungkinan mengalami alergi dingin sangat terbuka lebar bagi Anda yang yang baru saja mengalami infeksi pneumonia atau juga radang paru-paru yang lebih berisiko.

  • Genetika

Penyebab umum alergi dingin juga dapat dikarenakan oleh faktor genetik. Untuk beberapa kasus terdapat anak yang mewarisi penyakit dari alergi dingin tersebut dan berasal dari orangtuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *